Pages

WELCOME

WELCOME TO POON'S BASE

11/27/2011

CLONK

Clonk adalah permainan 2D sekuel dengan bermacam kategori semacam aksi, strategi, puzzle, bahkan RPG. Clonk dibuat oleh Matthes Bender, seorang berkebangsaan Jerman dan dipublikasikan oleh RedWolf Design.

Clonk terdiri dari bermacam sekuel, mulai dari Clonk 1 (1994), Clonk 2 Debakel (1994), Clonk A.P.E. (Advanced Player Edition | 1995), Clonk 3 Radikal (1996), Clonk 4 (1998), Clonk World (1998), Clonk Planet (2000), Clonk Endeavour (Clonk pertama yang memakai grafik png | 2004), Clonk Rage (Clonk dengan sistem multiplayer yg disempurnakan | 2008), Clonk Extreme (Clonk pertama yang memakai grafik dan gameplay 3D | Belum dipubikasikan), OpenClonk (Clonk yang memakai grafik 3D namun gameplay 2D | 2010).

Sekuel clonk yang masih dipakai sampai sekarang (di website resmi clonk pun juga) adalah CR (clonk Rage).

Isi

Clonk adalah game yang didesain dapat memilih 'map', map dalam clonk disebut dengan scenario dan bendanya disebut object. Di map original pada CE (Clonk Endeavour) hanya ada kategori skenario sebagai berikut :

World, Far World, Knight, Fantasy, Mission, Dynamic World, dan Golem.

Sedangkan CR (Clonk Rage) :

World, Far World, Knight, Fantasy, Mission, Hazard, dan Western.

Karena scenario clonk yang sangat sedikit, maka para editor kreatif membuat banyak sekali scenario tambahan (sperti sistem map pada DotA). Website resmi untuk scenario, object, dan skrip adalah CCAN.

Game Indie

Clonk juga adalah game indie, editor harus menguasai kemampuan dalam bidang grafik dan skrip, maupun skrip dasar, skrip object, ataupun scenario. Di CP (Clonk Planet) dan CE sistem editor dijadikan satu dengan menu game, sedangkan CR didalam satu aplikasi berbeda bernama editor.exe. Jika kita ingin mengedit/membuat sesuatu kita harus memakai password, dan password itu adalah.........
Siedlerclonk

Permainan

Permainan di clonk diadaptasi dari kehidupan manusia seperti produksi, konsumsi, masalah bencana, ekonomi, transportasi, pemukiman, SDA, dan lainnya.
Di clonk ada misi yang disebut settlement, yaitu meningkatkan poin pembangunan sampai tingkat yang dibutuhkan pada misi, untuk meningkatkannya kita bisa membangun bangunan apapun, menambang emas, memotong kayu, dan lainnya.
Di bidang produksi benda-benda industri seperti batu bara, kayu, dan besi memiliki peranan penting untuk itu.

Di clonk juga ada scenario dengan tema perang, seperti dalam paket skenario knight, dimana peperangan zaman pertengahan menjadi misi utama

Selain zaman pertengahan, ada juga zaman modern seperti pada paket skenario hazard, dimana peperangan zaman modern dan berburu alien menjadi tema utama. Selain hazard ada juga paket skenario unofficial bernama codename modern combat, peperangan di masa sekarang dengan tentara peacemaker

Ada juga paket skenario unik bernama far world, di paket skenario hanya ada 3 skenario, yaitu jungle, deep sea, dan arctic. Seperti namanya, skenario ada di negeri jauh yang manusia jarang hidup disana. Beberapa ulasannya :

- Jungle
Di hutan belantara amazon, sekelompok suku primitif bernama suku amaclonkian yang saling berperang antar suku dengan senjata primitif juga, keadaan hutan sangat berbahaya karena banyak ular dan piranha yang juga bisa dijadikan makanan.

- Deep Sea
Di laut lepas, di dasar laut yang penuh hiu, ada beberapa orang hydroclonk yang ingin membuat pemukiman dasar air dengan bahan koral dan besi. Membangun pemukiman disana sangatlah sulit karena kita harus mengatur nafas didalam air dan juga bahaya gangguan hiu

- Arctic
Inilah scenario far world paling sulit, karena kita harus bertahan hidup di daerah kutub yang sangat dinggiiinn..... Suku inuk disana bertahan hidup disana dengan berburu singa laut dan ikan. Saat kita memainkan skenario ini sangatlah sulit karena jika kita berlama diluar igloo akan membuat tubuh menggigil dan dapat melukai clonk. Selain itu faktor makanan juga menjadi masalah. Disini dukun-dukun angakok inuk membuat jimat untuk memanggil dewa-dewa kutub untuk menyelesaikan misi.

Screenshot

Berikut adalah screenshot dari CR :D

Mau screenshot untuk CX?
Atau trailer CR?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar